Usung Calon Presiden Anda

Kirim tanggapan/komentar Calon Presiden anda sesuai urutan Poling ke email: kabartoraja@gmail.com atau via FB kabartoraja. Sertakan foto format Jpeg, ukuran 4x6 atau lebih (close up), foto akan diletakkan di samping pandangan anda. Untuk mengirim tanggapan ISI KOLOM dibawah INI
Email:
Judul:
Pesan:
Pertanyaan anti spam: Berapa jumlah mata manusia?

Video Toraja

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2396
mod_vvisit_counterKemarin10473
mod_vvisit_counterMinggu ini67812
mod_vvisit_counterMinggu kemarin70683
mod_vvisit_counterBulan ini119754
mod_vvisit_counterBulan Kemarin325335
mod_vvisit_counterTotal7881387

We have: 65 guests online
IP anda: 54.221.145.122
 , 
Today: Jul 12, 2014
Di Samarinda Obor 100 Tahun IMT Disambut 18 Rayon PDF Cetak E-mail
Berita Luar | Nasional
Ditulis oleh Editor: KTC01/ Reporter: So;' Jeffren on Sabtu, 23 Maret 2013 13:08   

"Jemaat Berkonvoi Dalam Kota”

KABAR-TORAJA.COM-Samarinda- Semarak perayaan 100 Tahun Injil Masuk Toraja (IMT) tak hanya meriah dipusat kegiatan yang berlangsung di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Di Samarinda Kalimantan Timur perayaan tersebut tak kalah meriahnya, berlangsung semarak dengan melibatkan 18 Rayon di dua wilayah yakni Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, baru lalu Selasa (19/3/2013).

Dari data yang diperoleh kabar-toraja.com belasan Rayon yang mengarak obor 100 Tahun IMT diantaranya Samarinda, Sarinda Seberang, Mahkota Getsmani, Kampung Jawa, Gotong Royong, Loa Janan Ilir, Bukit Zaitun, Marandai, Loa Duri, Kutai Kartanegara, Muara Badak, Kutai Barat, Selili, Palangkaraya dan Bukuan mengawali perayaan ini dengan arak-arakan jemaat berkonvoi menuju Gereja Toraja (Getor) jemaat Samarinda pusat kegiatan bersejarah bagi umat kristiani, yang menyambut datangnya obor simbol dari IMT untuk wilayah Kalimantan Timur dan Tengah (Kaltimteng).

Saat konvoi tiba dan masuk kedalam halaman gereja disambut Ketua Panitia IMT Wilayah Kaltimteng, D.B Parannoan, yang akan menerima obor. Setelah obor berpindah tangan kemudian dibawa kedalam gereja dengan iring-iringan tarian adat Toraja dan Ma'parapa'.

Ada hal menarik diperayaan tersebut. Pantauan media ini dalam gereja terdapat kain berwarna biru simbol lautan, yang dengan sengaja dipasang sedemkian rupa untuk dilewati (diseberangi) oleh D.B. Parannoan dengan obor ditangan. Ini melambangkan obor 100 tahun IMT telah dibawa dari Tana Toraja menyebrangi lautan sampai di Bumi Etam Kaltim.

Usai dilakukannya prosesi tersebut tarian adat ciri khas masyarakat Kalimantan suku Dayak digelar. Sebelum ibadah rohani yang dibawakan Pdt. Markus Lallang M.Th. Dilangsungkan, D.B Parannoan menyalakan 18 obor lambang dari 18 Rayon kemudian belasan obor dibawa ke jemaat masing-masing.

Dalam sambutannya D.B parannoan mengatakan puncak perayaan ini akan digelar pada Rabu (1/4/2013) di lapangan parkir stadion segiri Samarinda. Dia menghimbau agar masyarakat Toraja yang berada di Kalimantan datang ke puncak acara guna mensukseskan perayaan akbar umat Kristen orang Toraja.

Hadir dan ikut memberikan kata sambutan perwakilan dari BPK Klasis Kaltimteng, Dr.Nataniel Tanggirogang, Ketua IKAT Kaltim, B.S Suba, tetua-tetua adat, tokoh agama dan para tokoh masarakat.

 

 



Tags: Samarinda  Sambut  100 Tahun  
 

Play Group Agape


Agape Play Group dan Penitipan Anak

Tour And Travel

Permata Travel

JOKOWI Atau PRABOWO?

Pilih Pasangan Capres-Cawapres Anda Ini
 

Penulis Pariwisata Toraja


Hakcipta © 2011 Kabar Toraja. Semua Hak Dilindungi.