Dewan Desak Watimpres Budaya Toraja Warisan Dunia

Nusantara - on 28/8/19 Dewan Desak Watimpres Budaya Toraja Warisan Dunia
Kristian H.P.Lambe

KABAR-TORAJA.COM --, Kunjungan Watimpres Julie Trisnadewani, dan Tim Kajian Pembudayaan Pancasila di Tana Toraja Rabu (28/8) disambut baik anggota dewan Tana Toraja DR Kristian H.P.Lambe.

Sosiolog UNM ini, juga ketua komisi tiga DPRD Tana Toraja nilai Kunker Watimpres di usia Toraja ke-772 lampu hijau budaya Toraja nominasi perekat bangsa diangkat menjadi warisan dunia (World Heritage) di masa pemerintahan Jokowi.

Pasalnya Toraja masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dikarenakan adat dan budayanya unik sehingga dewan Tana Toraja desak Watimpres budaya Toraja perioritas warisan dunia, tutur Kristian.

Kata Kristian, budaya Toraja tidak terpisahkan dari aktipitas kelompok  manusia, sebab kebudayaan selalu dipengaruhi oleh dinamisasi manusia dari cipta, rasa, dan karsa.

Demikian pula dari Landasan filosofi Tallulolona (manusia, binatang dan tanaman), budaya Toraja tertua di Indonesia dibuktikan ciri khas seni ukir, rumah adat yg unik, busana, tarian etnik, nyanyian kematian (ma’badong), pesta atau Upacara adat rambu solo’ (dukacita) dan rambu tuka’ (sukacita).

Selain itu, suku Toraja berasal dari keturunan Melanesia ("kepulauan hitam")  atau gugusan kepulauan memanjang dari Papua dan Aru, lalu ke Timur sampai Pasifik bagian Barat, serta utara dan timur laut Australia, imbuh Kristian.

Penulis : Papa Eva

Editor : Editor Pertama

TOPIK : #Polhukam