Usung Calon Presiden Anda

Kirim tanggapan/komentar Calon Presiden anda sesuai urutan Poling ke email: kabartoraja@gmail.com atau via FB kabartoraja. Sertakan foto format Jpeg, ukuran 4x6 atau lebih (close up), foto akan diletakkan di samping pandangan anda. Untuk mengirim tanggapan ISI KOLOM dibawah INI
Email:
Judul:
Pesan:
Pertanyaan anti spam: Berapa jumlah mata manusia?

Video Toraja

Caleg DPR-RI Samuel Parantean Dapil Sulsel 3


mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini7003
mod_vvisit_counterKemarin10119
mod_vvisit_counterMinggu ini37069
mod_vvisit_counterMinggu kemarin65760
mod_vvisit_counterBulan ini213368
mod_vvisit_counterBulan Kemarin323907
mod_vvisit_counterTotal6993578

We have: 125 guests online
IP anda: 54.196.57.4
 , 
Today: Apr 23, 2014
Ini Kronologi Dimulainya Perayaan 100 Tahun Injil Masuk Toraja PDF Cetak E-mail
Humaniora | Agama
Ditulis oleh Editor: KTC01/ Reporter: Lai' Elis. Ket. Foto: Arak-arakan anak cucu cicit dari dua puluh orang yg pertama di baptis on Minggu, 17 Maret 2013 20:42   

"Kolam Makale Dipadati Ribuan Massa"


KABAR-TORAJA.COM-Tana Toraja- Ribuan orang memadati Perayaan 100 Tahun Injil Masuk Toraja (IMT), yang ditandai dengan devile 36 karnaval se Tana Toraja (Tator) berarak menuju kolam Makale, pusat kegiatan 100 Tahun IMT, baru-baru ini, Sabtu (16/3/2013) kemarin.


Berikut kronologi perayaan 100 tahun IMT saat dua belas obor simbol injil masuk Toraja diarak rombongan besar dibawah ini.


Dibawah terik matahari arakan BPK se Gereja Toraja, juga denominasi gereja-gereja se Toraja, maupun datang dari luar Toraja dalam devile karnaval bergerak dari Kolam Makale, menuju pusat Ibadah Raya Pertama di depan panggung Utama Kolam Makale.


Sebelum prosesi Ibadah raya dimulai terlebih dahulu di awali dengan arak-arakan Obor IMT yang datang dari enam titik. Panitia memperkirakan sebanyak 3000 orang lebih mengikuti perayaan ini.


Pantauan kabar-toraja.com Obor pertama dan kedua datang dari arah Botang-Rumbe- Makale dengan pembawa Obor diantaranya Gereja Protestan Indonesia (Indische Kerk), Jemaat Bantaeng dengan rombongan Wakil Ikat, IKT, KKT, PMTI dan Wakil dari Denominasi Gereja dari Wilayah Toraja bagian Selatan dan Wilayah IV, turut hadir bersama Pendeta dan Pastor memakai jubah khas masing-masing.


Selanjutnya Obor ketiga dan ke empat terlihat datang dari arah Kasimpo, pembawa Obor ketiga ini dibawa Gereja Masehi Injili Timor (GMIT). Sementara pembawa Obor ke empatnya dibawa Gereja Protestan Maluku( GPM).


Rombongan yang mendampingi pembawa obor tersebut yakni wakil klasis, Gereja Denominasi dari wilayah Rembon, Ulusalu, Bittuang, Masanda, Buakayu, dan para pendeta/pastor memakai jubah jubah khas masing-masing.

Dri titik lainnya pembawa Obor ke lima bergerak dari arah Lamunan. Pembawa Obor ini dipegang Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM), didampingi rombongan wakil klasis, gereja bersama denominasi dari wilayah Makale, Makale Tengah, Makale Selatan, Maranpa dan para pendeta, pastor  yang semakin agung terlihat dengan jubah khas masing-masing.

Dari arah yang berbeda Obor ke enam muncul dari arah Makale. pembawa Obor ini dipegang dari Gereja Masehi Injili di Sangir Talaud (GMIST).


Diketahui rombongan yang mendampingi dari Wakil Klasis, gereja dan denominasi dari wilayah Sangalla, Batualu serta para pendeta/pastor memakai jubah jubah khas masing-masing.

Menyusul Obor IMT yakni obor ke tujuh, delapan, sembilan dan sepuluh diarak dari Rantepao, dengan pembawa Obor tujuh ( GZB), Obor kedelapan dipegang Wakil Para Pendeta, dan Obor ke sembilan dipegang oleh Wakil Guru Injil ( Anak Cucu yang di Baptis), serta obor kesepuluh dibawa Wakil Dokter dan Perawat.

Sementara ikut dalam rombongan tersebut, dari Lembaga Pelayanan Gerejawi, Wakil Klasis , Gereja Denominasi dari Wilayah Toraja Utara, Wilayah Tanah Luwu serta para pendeta, pastor.

Adapun Obor ke 11 dan ke 12 diarak dari Buisun Burake adalah Obor Buah Sulung Injil. Pembawa Obor ke 11 adalah Anak Cucu dari keturunan orang –orang yang menerima baptisan pertama.


Seperti tampak pada gambar yang terekam lensa kamera kamera kabar-toraja.com di kiri atas. Arak-arakan anak cucu cicit dari dua puluh orang yg pertama di baptis.


Selain itu pemegang Obor ke 12 adalah Pimpinan Gereja (GerejaToraja), Katolik, Kibaid, PGPI, Advent Hari Ketujuh.Menyusul dibelakang rombongan ini yakni denominasi Gereja yang ada di Makale Utara.

Secara perlahan-lahan, arak-arakan pembawa obor bergerak menuju satu titik. Warga yang menyaksikan disepanjang jalan semakin menambah meriahnya perayaan.


Setelah ke 12 Obor besar sudah berada di panggung Utama, maka prosesi persiapan penyulutan Obor Besar Injil bersiap dinyalakan.


Sesuai rencana seluruh Obor yang sudah di persiapkan dari sepanjang jalan poros Salubarani sampai kota Makale-Rantepao, Nanggala hingga perbatasan Kaleakan dan di depan rumah masyarakat, saat Obor Injil Masuk Toraja di nyalakan, secara serempak pula obor-obor tersebut dinyalakan. 


Tak hanya itu bunyi-bunyian berasal dari lonceng gereja, sirine mobil dan lainnya akan dibunyikan sebanyak 100 kali. Pertanda 100 Tahun IMT digenapi.


Pada penutupan Ibadah nanti akan digelar prosesi pengambilan ulang 12 Obor IMT, oleh perwakilan dari wilayah IKT, IKAT, KKT, PMTI, gereja denominasi dan klasis untuk di bawa ke tempat masing-masing sebagai simbol “Penyebaran Injil Ke Seluruh Dunia melalui orang Toraja”.

Prosesi ini disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Propinsi Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang, Anggota DPR-RI Markus Nari, Anggota DPD RI Litha Brend, Ketua Panitia Nasional IMT, Yonatan Para'pak, Tokoh Agama Islam H.Yunus Kadir, dan para Ketua IKAT/PMTI diantaranya Fredy Batong.


Juga nampak misionaris keuskupan Makasar Jhon Liku Ada, Ketua DPRD Tana Toraja dan Toraja Utara, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung bersama Wakil Bupati Tana Toraja Adelheid Sosang, Muspida , Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat lainnya.


 



 

Play Group Agape


Agape Play Group dan Penitipan Anak

Siapakah Calon Presiden Anda

Siapakah Calon Presiden Anda
 

Lingkar Pena Pariwisata Toraja


Caleg DPR David Payung

David Payung Caleg DPR dari PKPI Perjuangkan Basis Budaya dan Perekat Etnik di Sulsel

Survey Politik

IPI

Hakcipta © 2011 Kabar Toraja. Semua Hak Dilindungi.