Usung Calon Presiden Anda

Kirim tanggapan/komentar Calon Presiden anda sesuai urutan Poling ke email: kabartoraja@gmail.com atau via FB kabartoraja. Sertakan foto format Jpeg, ukuran 4x6 atau lebih (close up), foto akan diletakkan di samping pandangan anda. Untuk mengirim tanggapan ISI KOLOM dibawah INI
Email:
Judul:
Pesan:
Pertanyaan anti spam: Berapa jumlah mata manusia?

Video Toraja

Caleg DPR-RI Samuel Parantean Dapil Sulsel 3


mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini3727
mod_vvisit_counterKemarin9558
mod_vvisit_counterMinggu ini43351
mod_vvisit_counterMinggu kemarin65760
mod_vvisit_counterBulan ini219650
mod_vvisit_counterBulan Kemarin323907
mod_vvisit_counterTotal6999860

We have: 118 guests online
IP anda: 54.196.23.239
 , 
Today: Apr 24, 2014
Akses Jalan Ke Objek Wisata Lemo Sering Dikeluhkan Turis

Editor: KTC02, Reporter: Papa Adryan

KABAR-TORAJA.COM-Tana Toraja- Akses jalan menuju objek wisata Lemo, Makale Utara, Tana Toraja sering dikeluhkan oleh pengunjung termasuk para turis.

Selain akses jalan, objek wisata yang cenderung tidak terurus, termasuk tidak adanya fasilitas kamar kecil (Toiled_red), pondok tempat bersantai dan juga kebersihan yang tidak terjaga selalu menjadi keluhan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Secara khusus di objek ini (Lemo_red) terdapat tangga yang sangat curam dan  berbahaya bagi keselamatan pengunjung jika tidak segera diperbaiki karena terdapat bagian yang sudah retak. Selain itu, kami berharap tarif retribusi di Tana Toraja sama dengan objek di Toraja Utara yang sedikit lebih murah” ungkap Yuli, Guide yang mengantar turis ke Lemo sambil memperlihatkan karcis seharga Rp 20 ribu, kepada kabar-toraja.com, Sabtu (25/08/2012) di objek wisata Lemo.

Menurut guide yang pernah menjadi karyawan Misiliana Hotel ini, Lemo memiliki keunikan tersendiri di mata turis yang sering dipandunya.

Dan Anto’ (41), warga Toraja dari Nanggala yang menikmati liburan bersama keluarga di kuburan batu ini juga menyayangkan sikap pemerintah yang terkesan tidak serius dalam mengembangkan dunia wisata di Toraja.

Menurutnya, disetiap objek wisata seharusnya terdapat pemandu yang akan memberikan informasi atau minimal ada katalog sebagai panduan bagi pengunjung.

Pria yang kini berdomisili di Makassar ini bahkan menuding anggaran untuk objek wisata tidak tepat sasaran dan tidak dipergunakan secara maksimal oleh pengelolah.

“ Sebagai contoh pembuatan toilet di tempat ini, dengan biaya sekiar 20 juta itu  tidak masuk akal. Tapi begitulah kalau belum ada kesadaran dan juga tanggungjawab Dinas terkait untuk melakukan kontrol” tuturnya.

Sementara kepala Dinas pariwisata Tana Toraja, Jidon Sitohang, dikonfirmasi via SMS mengatakan, masih sulit untuk masuk dianggaran perubahan, namun akan diupayakan untuk anggaran tahun depan.

“Sulit uang perubahan, tahun depan kami coba lagi” ungkap Jidon via SMS.


Berita terkait, baca: Keunikan Objek Wisata Lemo Pada Tau-Tau dan Liangnya



Tags: Jalan  Wisata  Lemo  
 

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH

Play Group Agape


Agape Play Group dan Penitipan Anak

banner

Siapakah Calon Presiden Anda

Siapakah Calon Presiden Anda
 

Lingkar Pena Pariwisata Toraja


Caleg DPR David Payung

David Payung Caleg DPR dari PKPI Perjuangkan Basis Budaya dan Perekat Etnik di Sulsel

Survey Politik

IPI

Hakcipta © 2011 Kabar Toraja. Semua Hak Dilindungi.