Usung Calon Presiden Anda

Kirim tanggapan/komentar Calon Presiden anda sesuai urutan Poling ke email: kabartoraja@gmail.com atau via FB kabartoraja. Sertakan foto format Jpeg, ukuran 4x6 atau lebih (close up), foto akan diletakkan di samping pandangan anda. Untuk mengirim tanggapan ISI KOLOM dibawah INI
Email:
Judul:
Pesan:
Pertanyaan anti spam: Berapa jumlah mata manusia?

Video Toraja

Caleg DPR-RI Samuel Parantean Dapil Sulsel 3


mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini5845
mod_vvisit_counterKemarin9546
mod_vvisit_counterMinggu ini15391
mod_vvisit_counterMinggu kemarin65760
mod_vvisit_counterBulan ini191690
mod_vvisit_counterBulan Kemarin323907
mod_vvisit_counterTotal6971900

We have: 308 guests online
IP anda: 54.227.141.230
 , 
Today: Apr 21, 2014
-Produksi Beras Tana Toraja Kurang Sekitar 1 Ton-

Editor: KTC02, Reporter: Papa Eva

KABAR-TORAJA.COM-Tana Toraja- Produksi pertanian utamanya beras di Tana Toraja masih kurang sekitar 1 ton lebih hingga saat ini. Produksi beras saat ini sekitar 27 ton, dikonsumsi untuk 241 ribu lebih penduduk Tana Toraja.

Hal ini diungkapkan oleh orang nomor satu Tana Toraja, Theofilus Allorerung pada acara Kombongan Kalua yang dihadiri oleh BP3K, kelompok Tani, Gapoktan, KWT dan KTNA, Selasa (12/06/2012) di gedung Dharma Wanita Makale.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kata bupati, penyuluh pertanian sebagai pasilitator harus turun sawah mengadakan kegiatan seperti ini (Kombongan Kalua_red) dilokasi setra produksi pertanian untuk mendengarkan laporan kegiatan apa yang telah dilaksanakan oleh kelompok tani.

Meski begitu, lanjut Theofilus, diperlukan rekayasa sosial untuk mengajak semua komponen masyarakat lebih mengutamakan komsumsi pangan lokal seperti ubi jalar, dan tanaman lainnya dimana gizinya jauh lebih besar ketimbang beras.

Namun demikian, perlu juga diperhatikan bagaimana pemerintah mendorong perhatian masyarakat saat pasca panen, misalnya home industri sebab Tana Toraja ini daerah yang unik dikaruniai kekayaan alam yang subur.

Sementara, Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi, mengatakan semua SKPD di Daerah ini perlu menjalin kerjasama utamanya budidaya pengwilayahan komoditas unggulan, sebab Tana Toraja adalah sala satu daerah penyuplai stok beras nasional.

Hal ini dimaksudkan agar pihak legislatif bisa lebih selektif menyetujui pembagian anggaran sesuai hasil studi kelayakan, sebab kedepan dilakukan pembagian wilayah pengembangan komoditi dan komoditas untuk menghindari over produksi agar harga di pasaran tetap terjamin.

Untuk itu, kata Welem, diperlukan konsep program dari semua stakeholder agar pengembangan pertanian di daerah ini tepat sasaran sesuai pembagian wilayah komoditas prioritas.



 

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH

Play Group Agape


Agape Play Group dan Penitipan Anak

banner

Siapakah Calon Presiden Anda

Siapakah Calon Presiden Anda
 

Lingkar Pena Pariwisata Toraja


Caleg DPR David Payung

David Payung Caleg DPR dari PKPI Perjuangkan Basis Budaya dan Perekat Etnik di Sulsel

Survey Politik

IPI

Hakcipta © 2011 Kabar Toraja. Semua Hak Dilindungi.